Mengenal Obat Asam Mefenamat, Manfaat & Efek Sampingnya

Apakah kamu tahu apa itu asam mefenamat? Asam mefenamat merupakan obat yg relatif acapkali dipergunakan buat mengobati nyeri ringan sampai menggunakan nyeri di sakit gigi, terlebih lagi sehabis cabut gigi.

Asam mefenamat sendiri bekerja menggunakan cara yg unik, yakni menggunakan cara merusak kerja enzim siklooksigenase (COX), suatu enzim yg berfungsi menjadi pembentukan prostaglandin.

Prostaglandin itu sendiri artinya suatu tanda-tanda yang terjadi akibat luka sehingga menyebabkan rasa sakit serta peradangan. lalu apa kiprah asam mefenamat di sakit nyeri yg kamu rasakan tersebut? ayo, kita simak ulasan selengkapnya.

Mengenal Obat Asam Mefenamat, Manfaat & Efek Sampingnya

Asam mefenamat (mefenamic acid) adalah derivat asam antranilat (atau fenamate) yg termasuk obat golongan nonsteroidal anti-inflammatory drug (NSAID). lalu bagaimana cara obat ini bekerja? mekanisme kerja obat asam mefenamat (mefenamic acid) ialah dengan cara Mengganggu kerja enzim siklooksigenase (COX).

menggunakan menghalangi kerja enzim COX, prostaglandin yang menjadi penyebab rasa sakit dan nyeri pada luka engkau akan menjadi lebih sedikit diproduksi, sebagai akibatnya bisa membentuk sakit luka atau peradangan mereda.

Maka dari itu, obat asam mefenamat ini sangat digdaya buat mengobati berbagai macam penyakit nyeri yang disebabkan oleh luka atau radang.

Nah, kalau anda semakin bertanya-tanya dengan asam mefenamat ini, berikut kegunaannya di syarat-syarat khusus berikut:

  • Mengobati nyeri ringan hingga sakit kepala, sakit pendengaran, nyeri otot, nyeri sendi, demam, nyeri haid, serta juga digunakan buat mencegah migrain.
  • jikalau anda sakit gigi setelah mencabut gigi, maka obat asam mefenamat ini bisa digunakan buat meredakan sakit gigi ini. Maka asal itu, jenis obat ini sangat terkenal di kalangan dokter gigi.
  • kalau anda sakit migrain, maka asam mefenamat ini bisa menjadi andalan. umumnya jenis migrain prophylaxis.
  • Terakhir, umumnya asam mefenamat juga mampu dipergunakan untuk menghilangkan rasa sakit pada asam urat.

Asam mefenamat jua punya imbas samping, maka asal itu anda harus mengetahui apa saja sih pengaruh samping yang ditimbulkan dari asam mefenamat ini? mari kita cek:

  • efek samping ringan mirip muntah, gugup, dan sakit ketua.
  • Obat ini juga mampu menyebabkan pengaruh samping berfokus, mirip diare, hematemesis,
  • hematuria, ruam kulit, bengkak, sakit tenggorokan, serta demam.
  • Gangguan berat di organ hati seperti penyakit kuning atau hepatitis.
  • Asam mefenamat ini jua bisa menyebabkan kurang darah.

menggunakan mengetahui manfaat dan dampak samping dari asam mefenamat ini, tentunya anda mampu memakai obat ini secara hati-hati supaya tetap aman bagi tubuh.
Perlu diperhatikan bahwa obat ini tidak disarankan buat digunakan sang ibu hamil, karena memiliki faktor risiko yang tidak baik pada janin, maka bagi bunda-bunda hamil wajib bertanya dulu kepada dokter kandungan sebelum menggunakan obat ini.

Apa Saja Obat yg Mengandung Asam Mefenamat?

Jika kamu sedang mencari obat yg mengandung asam mefenamat, berikut merupakan contoh-misalnya:

Analspec, Asimat, Datan/Datan Forte, Dentacid, Dogesic, Femisic, Grafix, Lapistan, Maxstan, Mefast, Mefinal, Opistan, Pehastan, Poncofen, Ponstan, Solasic, Teamic 500, Tropistan, Allogon, Alpain, Asam Mefenamat Indo Farma, Asam Mefenamat Landson, Benostan, Cetalmic, Corstanal, Dolos, Fensik 500, Gitaramin, Grafamic, Hexalgesic, Inastan, Licostan, Mefinter, Menin, Molasic, Nichostan, Ponalar Ponalar/Ponalar, Pondex Pondex/Pondex For, Ponsamic, Ponstelax, Spartan, Stanalin, dan Stanza.

serta jangan lupa, obat ini tergolong obat resep, sebagai akibatnya engkau perlu berkonsultasi menggunakan dokter dahulu sebelum bisa membeli obat-obat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.